4 Hal Yang Membuat Koneksi Wifi Android Bermasalah Dan Solusinya


Saat sedang online di sebuah cafe atau warkop yang sering dialami itu adalah Wifi tidak bisa terhubung. Apa penyebab atau masalah serta bagaimana cara mengatasinya? Silahkan Anda simak di bawah ini.

1. Wifi mati sendiri

Wifi yang tiba-tiba mati sendiri pada perangkat Android Anda, bisa saja disebabkan karena settingan Wifi Anda. Settingan pada Wifi secara default ini salah satunya adalah akan otomatis mati atau disconnect saat smartphone Anda sedang dalam keadaan atau mode sleep. Artikel yang membahas bagaimana cara agar hp Android tetap connect WiFi saat mode sleep ini telah Saya tulis sebelumnya. Silahkan Anda cari artikelnya tersebut pada kolom pencarian di atas, atau pada artikel related di bawah.

2. Permasalahan pada authentication IP

4 Hal Yang Membuat Koneksi Wifi Android Bermasalah Dan Solusinya 1 oleh tekno segiempatIni salah satu permasalahan yang selalu Saya dapatkan saat sedang ingin online di kantor dengan menggunakan perangkat hp Android yaitu autentikasi IP. Otentikasi ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa terhubung dengan hotspot. Permasalahan ini biasanya timbul, karena ada IP conflict (IP kembar/tabrakan) atau karena settingan IP Android Anda bermasalah. Solusi dalam hal ini adalah Anda bisa melakukan restart pada Hotspot atau router. Tapi, bagaimana jika hotspot atau router tersebut bukanlah milik Anda pribadi? Nah, cara lainnya adalah dengan reset pengaturan Wifi Anda. Yang bisa Anda lakukan dengan cara manual atau dengan menggunakan kode ##526## dan semua settingan pada Wifi Anda akan kembali ke awal. Setelah itu restart smartphone Android Anda.

3. Hotspot yang lambat

Ya, terhubung ke internet dengan menggunakan perantara hotspot umum seperti di kantoran atau di warkop memang kendalanya adalah jaringan inet yang lambat. Koneksi yang lambat ini karena, tidak adanya pembatasan user dan bandwith yang dilakukan oleh admin hotpost tersebut. Koneksi yang lambat termasuk salah satu hal yang membuat koneksi dari WiFi Android Anda bermasalah sehingga tidak bisa online dan membuka internet. Jika memang Anda online di hotspot publik atau umum maka dan ingin berbuat curang maka artikel yang membahas tentang “cara mematikan koneksi Wifi orang lain dengan hp Android” bisa Anda coba.

4. Cek router (hotspot)

Penyebab terakhir koneksi Wifi Android Anda bermasalah adalah permasalah pada Wifi (hotspot). Untuk mengecek hal ini, Anda bisa melakukan ping dengan menggunakan komputer. Silahkan Anda coba ping ke alamat situs google.com. Jika memang hasil ping tersebut “Unreachable” maka permasahannya ini bisa saja pada Wifi Anda yang tidak terhubung ke router atau router yang tidak terhubung ke internet. Untuk mengecek apakah Wifi Anda yang tidak terhubung ke router atau tidak, maka bisa melakukan ping ke router langsung. Pastikan juga Anda telah memasukkan password dengan benar pada hp Android Anda, jika hotspot tersebut dilengkapi dengan password.

1 komentar:


EmoticonEmoticon