Cara Setting Smartphone Anak Untuk Membatasi Konten Dewasa



Penggunaan smartphone saat ini memang sudah mencakup semua usia, mulai dari anak-anak hingga kakek-nenek. Smartphone  seperti Android memiliki kemampuan untuk terhubung ke internet, sehingga semua penggunanya  akan lebih mudah untuk mengakses konten-konten yang di internet tanpa ada  batasan. Untuk usia  dewasa ke atas bagi orang tua seperti tidak perlu terlalu khawatir, tapi untuk  usia anak-anak tentunya membutuhkan pengawasan dari orang tua. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana membatasi penggunaan smartphone Android ini untuk usia anak-anak agar tidak  membuka konten-konten dewasa yang ada di Google Play Store. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, silahkan Anda simak langkah-langkah selengkapnya di bawah ini.

– Langkah pertama yang harus Anda  lakukan sebagai orang tua adalah dengan membuka aplikasi Google Play Store.
– Silahkan Anda tap menu opsi akun pada bagian kiri atas jendela Google Play Store smarpthone anak Anda.
– Akan muncul beberapa pilihan opsi lagi, dan silahkan Anda tap pada opsi Settings/Setelan.
– Setelah Anda berada pada menu atau jendela Settings tersebut, silahkan Anda lanjut untuk membuka opsi Parental Control. Kalau memang Anda  belum pernah melakukan setting pada menu tersebut, maka menu tersebut akan tetap berada pada posisi Off (non-aktif).
– Untuk mengaktifkan menu tersebut, silahkan Anda tap switch yang ada di kanan atasnya. Saat Anda mengaktifkan opsi tersebut, maka akan muncul jendela pop up untuk memasukkan PIN sebanyak 4 digit yang hanya bisa diisikan angka saja.
– Setelah itu, nantinya akan muncul lagi sebuah opsi yang bertuliskan Apps & Games. Silahkan Anda tap pada opsi tersebut hingga muncul jendela pop up baru.
– Nah, pada jendela pop up tersebut Anda hanya akan melihat opsi yan dikodekan dengan angka Rated mulai dari 3+, 7+, 12+, 16+, dan 18+. Angka-angka tersebut adalah pembatasan usia untuk membuka konten-konten pada aplikasi Google Play Store ini. Silahkan Anda tap pada salah satu pilihan usia sesuai dengan anak Anda. Penjelasan selengkapnya mengenai rating-rating tersebut bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.



– Setelah Anda memilih salah satu opsi tersebut, maka silahkan Anda tutup dulu aplikasi Google  Play Store Anda, lalu buka kembali untuk mengetes apakah Parental Control tersebut sudah aktif. Jika, sudah aktif maka,  semua aplikasi mulai dari game, buku, dan lain sebagainya yang ada di Google Play Store akan dibatasi, dan hanya memunculkan aplikasi yang sesuai dengan rating yang Anda pilih sebelumnya.
Caranya cukup mudah kan? Dengan cara ini maka Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk selalu mengawasi anak Anda dalam membuka konten atau aplikasi yang ada di Play Store. Silahkan Anda share pada artikel ini jika menurut Anda cukup bermanfaat.


EmoticonEmoticon